Rabu, 20 Agustus 2014

KATA PENGANTA SENI BUDAYA

Kata Pengantar
Nenek moyang bangsa Indonesia telah berhasil merumuskan pengalaman interaksinya dengan sang
Pencipta, alam, dan dengan sesamanya, dalam bentuk peradaban dan kearifan bangsa yang sebagiannya
diwujudkan dalam karya-karya seni budaya, baik berupa benda maupun tak benda. Ditengah makin
derasnya arus globalisasi seperti saat ini, ketahanan jati diri suatu bangsa tercermin pada kemampuan
melestarikan peradabannya. Kemampuan tersebut penting untuk dapat memanfaatkan arus globalisasi
menuju terbentuknya konvergensi peradaban dunia, yaitu suatu peradaban berbentuk spektrum
keberagaman peradaban berbagai bangsa yang terlestarikan.
Pembelajaran Seni Budaya untuk Pendidikan Menengah Kelas X adalah salah satu usaha untuk
melestarikan peradaban bangsa melalui pemahaman terhadap sejumlah karya seni budaya bangsa dari
berbagai penjuru nusantara yang sangat kaya ragam dan sarat makna. Pembelajarannya didahului
dengan mengajak peserta didik mengapresiasi secara kritis seni budaya bangsa melalui pengamatan
terhadap keindahan warisan-warisan seni budaya. Peserta didik juga diajak mencoba mengekspresikan
perasaan dan pikirannya dengan meniru dan memodifikasi karya-karya seni budaya yang sudah ada
sesuai dengan selera dan kemampuannya yang terus diasah. Pada akhirnya, peserta didik diajak
mengkreasi suatu karya seni budaya sesuai dengan minatnya dan menyajikan kreasinya dalam suatu
pementasan kolaboratif berbagai ragam seni budaya yang saling bersinergi.
Sebagai bagian dari Kurikulum 2013, pembelajaran dalam buku ini mencakup studi ragam dan makna
karya seni budaya untuk mengasah kompetensi pengetahuan, praktik berkarya seni budaya untuk
mengasah kompetensi keterampilan, dan pembentukan sikap apresiasi terhadap seni budaya sebagai
hasil akhir dari studi dan praktik karya seni budaya. Pendekatannya bukan hanya belajar tentang seni
budaya, tetapi juga belajar melalui seni budaya dan belajar dengan seni budaya. Pembelajarannya
dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, tari, musik, dan teater
yang diangkat dari tema-tema warisan seni budaya bangsa. Sebagai mata pelajaran yang mengandung
unsur muatan lokal, tambahan materi yang digali dari kearifan lokal yang relevan sangat diharapkan
untuk ditambahkan sebagai pengayaan dari buku ini.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang
diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi
berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru
dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini
sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang
sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Implementasi terbatas Kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014 telah mendapatkan tanggapan
yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal
mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2014/2015 dan
seterusnya. Walaupun demikian, sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan
perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran
dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami
ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia
pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Jakarta, Januari 2014
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Mohammad Nuh



iv Buku Guru Kelas X SMA/MA/SMK/MAK

 Daftar Isi
Kata Pengantar ................................................................................ iii
Daftar Isi............................................................................................ iv
Bab 1 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D)................................ 1
Kompetensi Inti ................................................................................ 1
Kompetensi Dasar ........................................................................... 1
A. Apresiasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi................................ 3
B. Unsur dan Obyek Karya seni Rupa Dua Dimensi................... 4
C. Medium, Alat, Bahan dan, Teknik............................................ 10
D. Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi .......................................... 17
Bab 2 Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi (3D)............................... 23
Kompetensi Inti ................................................................................ 23
Kompetensi Dasar............................................................................ 23
A. Pengertian dan Jenis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi............. 25
B. Simbol dalam Karya Seni Rupa Tiga Dimensi......................... 25
C. Nilai Estetis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi............................ 27
D. Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi.......................................... 39
Bab 3 Jenis/Genre Musik ............................................................... 47
Kompetensi Inti ................................................................................ 47
Kompetensi Dasar............................................................................ 47
A. Pengertian Musik..................................................................... 48
B. Musik Sebagai Simbol ............................................................ 55
C. Nilai-Nilai Estetika Musik ....................................................... 66
D. Fungsi Musik .......................................................................... 72
E. Praktik Musik .......................................................................... 77
Seni Budaya v
Bab 4 Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik .......................... 83
Kompetensi Inti ................................................................................ 83
Kompetensi Dasar ........................................................................... 83
A. Kolaborasi Seni....................................................................... 84
B. Eksplorasi Musik .................................................................... 90
C. Gerak dalam Permainan Musik............................................... 96
D. Gerak dan Visual Dalam Permainan Musik ............................ 102
Bab 5 Jenis/Genre Tari .................................................................... 109
A. Jenis/Genre Tari ..................................................................... 110
B. Tari Sebagai Simbol................................................................ 122
C. Nilai Estetis dalam Gerak Tari ................................................ 125
D. Praktik Gerak Dasar Tari Sesuai Hitungan ............................. 129
Bab 6 Kreativitas Tari ...................................................................... 134
Alur Pembelajaran............................................................................ 135
A. Pengertian Kreativitas Tari ..................................................... 139
B. Proses Kreativitas Tari ............................................................ 142
C. Menyusun Karya Tari............................................................... 148
D. Menampilkan Karya Tari Dengan Iringan ............................... 155
Bab 7 Pemeranan ............................................................................ 158
Kompetensi Inti ................................................................................ 158
Kompetensi Dasar ........................................................................... 158
A. Pengertian Pemeranan........................................................... 160
B. Unsur Pemeranan .................................................................. 163
C. Teknik Dasar Pemeranan........................................................ 167
D. Kreativitas Pemeranan ........................................................... 174
vi Buku Guru Kelas X SMA/MA/SMK/MAK
Bab 8 Bekarya Teater ...................................................................... 182
Kompetensi Inti ................................................................................ 182
Kompetensi Dasar ........................................................................... 182
A. Pengertian Teater.................................................................... 183
B. Jenis Teater ............................................................................ 184
C. Aspek-Aspek Teater................................................................ 188
D. Simbol Teater ......................................................................... 192
E. Nilai Estetis ............................................................................. 192
F. Kreativitas Teater .................................................................... 194
Bab 9 Pameran Karya Seni Rupa.................................................... 203
Kompetensi Inti ................................................................................ 203
Kompetensi Dasar ........................................................................... 203
A. Pengertian Pameran................................................................. 205
B. Tujuan, Manfaat, dan Fungsi Pameran..................................... 206
C. Merencanakan, Mempersiapkan, dan Melaksanakan
Pameran................................................................................... 214
Bab 10 Kritik Karya Seni Rupa........................................................ 226
Kompetensi Inti................................................................................. 226
Kompetensi Dasar ........................................................................... 229
A. Pengertian Kritik Karya Seni Rupa............................................ 229
B. Jenis Kritik Karya Seni Rupa..................................................... 229
C. Fungsi Kritik Karya Seni Rupa.................................................. 231
D. Menulis Kritik............................................................................. 231
Bab 11 Pertunjukan Musik .............................................................. 245
Kompetensi Inti ................................................................................ 245
Kompetensi Dasar ........................................................................... 245
A. Konsep Pertunjukan Musik....................................................... 246
B. Teknik Pertujukan Musik........................................................... 254
C. Prosedur Pertunjukan Musik ................................................... 262
D. Pertunjukan Musik .................................................................... 271
Seni Budaya vii
Bab 12 Kritik Musik ......................................................................... 275
Kompetensi Inti ................................................................................ 275
Kompetensi Dasar ........................................................................... 287
A. Pengertian Kritik........................................................................ 276
B. Jenis Kritik Musik Dalam Pembelajaran.................................... 282
C. Langkah-langkah dan Penulisan Kritik Musik........................... 286
D. Mengomunikasikan Kritik Musik ............................................... 293
Bab 13 Pergelaran Karya Seni Tari ................................................ 297
Alur Pembelajaran ........................................................................... 300
A. Pengertian Pergelaran ............................................................. 304
B. Teknik dan Prosedur Pergelaran Tari........................................ 309
C. Unsur Pendukung Pergelaran Tari............................................ 312
D. Pergelaran Tari ......................................................................... 315
Bab 14 Kritik Tari.............................................................................. 322
Alur Pembelajaran ........................................................................... 323
A. Pengertian Kritik Tari ................................................................ 323
B. Jenis Kritik Tari ......................................................................... 328
C. Fungsi Kritik Tari........................................................................ 329
D. Simbol Karya Tari Dalam Kritik Tari........................................... 331
E. Nilai Estetis Dalam Kritik Tari ................................................... 336
F. Membuat Tulisan Dalam Kritik Tari............................................ 337
Bab 15 Pergelaran Teater ................................................................ 342
Kompetensi Inti ................................................................................ 342
Kompetensi Dasar ........................................................................... 342
A. Pengertian Pergelaran Teater................................................... 344
B. Unsur Pergelaran Teater .......................................................... 345
C. Teknik Pergelaran Teater.......................................................... 346
D. Kreativitas Pergelaran Teater.................................................... 366
viii Buku Guru Kelas X SMA/MA/SMK/MAK
Bab 16 Kritik Teater ......................................................................... 373
Kompetensi Inti ................................................................................ 373
Kompetensi Dasar ........................................................................... 373
A. Pengertian dan Unsur Kritik...................................................... 375
B. Jenis dan Fungsi Kritik ............................................................. 377
C. Menulis Kritik Teater ................................................................. 388
Daftar Pustaka.................................................................................. 395

Tidak ada komentar:

Posting Komentar