Berkarya Seni Rupa
Kompetensi Inti yang harus dicapai
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi Dasar
1.1. : Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni rupa sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1. : Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2. : Menunjukkan sikap santun,
jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3. : Menunjukkan sikap
responsif dan pro-aktif, peduli terhadaplingkungan dansesama,menghargai karya seni dan
pembuatnya
3.1. : Memahami bahan, media dan
teknik dalam proses berkarya seni rupa.
4.1. : Membuat karya seni rupa
dua dimensi berdasarkan melihat model Mempresentasikan gambar atau lukisan
karya seni rupa 2 dimensi hasil buatan sendiri dengan lisan maupun tulisan.
2 Buku Guru Kelas X SMA/MA/SMK/MAK
Informasi Guru
Bab 1 Semester 1 dalam buku siswa
berisi materi berkarya seni rupa 2 dimensi. Kompetensi yang
diharapkan setelah siswa mempelajari bab ini adalah pemahaman terhadap
berbagai bahan, medium, dan teknik yang digunakan dalam berkarya seni
rupa 2 dimensi serta keterampilan untuk membuat karya seni rupa dua
dimensi dengan melihat model atau contoh.Materi berkarya seni rupa 2
dimensi ini setidaknya dapat dilakukan dalam 4 jam pelajaran. 2 jam pelajaran
pertama guru memfasilitasi peserta didik untuk mempelajari dan memahami jenis karya
seni rupa (termasuk karya seni rupa 2 dimensi), bahan, medium, alat
dan teknik berkarya seni rupa. 2 jam pelajaran selanjutnya guru
memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan
berkarya seni rupa dua dimensi. Alur pembelajaran berkarya seni
rupa dua dimensi dapat dilihat pada bagan
berikut ini yang juga terdapat
dalam buku siswa. Alur pembelajaran ini pada bukanlah urutan baku yang harus
diikuti peserta didik tetapi pengkategorian untuk memudahkan proses
pembelajaran dan penguasaan materi. Setelah mempelajari materi
Berkarya Seni rupa 2 Dimensi di bab 1 Semester 1 ini peserta didik diharapkan
memiliki kemampuan dasar mengapresiasi rupa dengan memahami jenis karya
seni rupa 2 dimensi, bahan, media dan teknik yang digunakan dalam
proses berkarya seni rupa dua dimensi dan berkreasi membuat karya seni rupa
dua dimensi berdasarkan melihat model menggunakan berbagai alternatif
bahan, media dan teknik seni rupa. Berkarya Seni Rupa 2 D Pengertian Unsur dan Objek Medium, Bahan dan Teknik Proses Berkaryaarya Seni Rupa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar