Rabu, 20 Agustus 2014

BERKARYA SENI RUPA



Berkarya Seni Rupa

Kompetensi Inti yang harus dicapai
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,    kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta  dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,  prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
          Kompetensi Dasar
1.1. : Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni rupa sebagai   bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1. : Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui  aktivitas berkesenian
2.2. : Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3. : Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadaplingkungan dansesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.1. : Memahami bahan, media dan teknik dalam proses berkarya seni rupa.
4.1. : Membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan melihat model Mempresentasikan gambar atau lukisan karya seni rupa 2 dimensi hasil buatan sendiri dengan lisan maupun tulisan.

2 Buku Guru Kelas X SMA/MA/SMK/MAK
Informasi Guru
Bab 1 Semester 1 dalam buku siswa berisi materi berkarya seni rupa 2 dimensi. Kompetensi yang diharapkan setelah siswa mempelajari bab ini adalah pemahaman terhadap berbagai bahan, medium, dan teknik yang digunakan dalam berkarya seni rupa 2 dimensi serta keterampilan untuk membuat karya seni rupa dua dimensi dengan melihat model atau contoh.Materi berkarya seni rupa 2 dimensi ini setidaknya dapat dilakukan dalam 4 jam pelajaran. 2 jam pelajaran pertama guru memfasilitasi peserta didik untuk mempelajari dan memahami jenis karya seni rupa (termasuk karya seni rupa 2 dimensi), bahan, medium, alat dan teknik berkarya seni rupa. 2 jam pelajaran selanjutnya guru memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan
berkarya seni rupa dua dimensi. Alur pembelajaran berkarya seni rupa dua dimensi dapat dilihat pada bagan
berikut ini yang juga terdapat dalam buku siswa. Alur pembelajaran ini pada bukanlah urutan baku yang harus diikuti peserta didik tetapi pengkategorian untuk memudahkan proses pembelajaran dan penguasaan materi. Setelah mempelajari materi Berkarya Seni rupa 2 Dimensi di bab 1 Semester 1 ini peserta didik diharapkan memiliki kemampuan dasar mengapresiasi rupa dengan memahami jenis karya seni rupa 2 dimensi, bahan, media dan teknik yang digunakan dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi dan berkreasi membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan melihat model menggunakan berbagai alternatif bahan, media dan teknik seni rupa. Berkarya Seni Rupa 2 D Pengertian Unsur dan Objek Medium, Bahan dan Teknik Proses Berkaryaarya Seni Rupa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar